Perbedaan Mengenai UKM Dan IKM Yang Tidak Diketahui Orang Lain

UKM dan IKM

cruzreader.com – IKM atau pun UKM memiliki arti  dan kesamaan yang tidak jauh berbeda namun satu tujuan mempromosikan produk yang mereka jual. Sebagai pebisnis kita harus mengetahui, memahami dan mempunyai ilmu mengenai dunia pemasaran ini. Yang mana kalian akan mengetahui apa saja dan kenapa sih UKM dan IKM Memiliki arti yang beda namun tujuanya sama, pasti kalian penasaran bukan ? Di sini kami akan membahas perbedaan UKM dan IKM untuk sebagian orang yang belum mengetahui nya.

  • UKM ” Usaha Kecil Menengah “
  • UMKM ” Usaha Mikro Kecil Menengah “
  • IKM ” Industri Kecil Menengah “

Diatas merupakan beberapa usaha yang harus kalian ketahui sebelum menjalankan produk produk yang nantinya akan kalian pasarkan. Karena ketika kalian sudah memahami dan mempelajari semua usaha dan tujuannya apa dengan itu kalian akan sangat mudah untuk mempromosikan dan menjual barang yang kalian produksi sendiri, karena itu kalian harus belajar dan memahami jika memang belum mengetahui.

Pengertian UKM, IKM Dan UMKM Yang Harus Kalian Ketahui 

  • UKM

Merupakan usaha yang memiliki tujuan menjual barang yang sudah di produksi oleh IKM. Seperti toko : kelontong s/d warung. Yang mana usaha UMK memiliki batasan sampai menjual barang yang sudah di produksi oleh IKM, dan usaha tersebut terdiri dari :  jasa laundry, kuliner, jasa servis elektronik dan masih banyak lainya. 

  • IKM

Sedangkan IKM merupakan sebuah usaha yang memproduksi berbagai jenis barang seperti : makhluk hidup dan tumbuhkan yang dibutuhkan. Mungkin sebagian masyarakat tidak mengetahui jika IKM dan UKM sudah memasuki kategori sebuah perusahaan besar. 

Dimana di produk yang sudah diproduksi akan dijual dan dipasarkan oleh pihak yang sudah bekerja sama. Dan oleh sebab itu usaha IKM dan UKM tidak pernah sepi pembeli, ya karena memang produk yang dijual merupakan barang yang unik dan tahan lama. 

  • UMKM

Dan untuk UMKM sendiri adalah sebuah singkatan usaha mikro kecil dan menengah yang dimana di UMKM ini mengambil semua usaha tingkat menengah ataupun kecil. Pada itu UMKM bisa dilakukan oleh kelompok, individu, rumah tangga atau usaha kecil. Dan UMKM ini memiliki sifat yang berpengaruh di masyarakat. 

Karena UMKM juga menjadi salah satu pondasi dari semua usaha yang bekerja sama dengan UMKM tersebut. Perkembangan UMKM di Indonesia memang sangat besar dan selalu meningkat dengan itu mengapa UMKM bisa merangkap di IKM ataupun UKM.

  1. Perbedaan UKM Dan IKM 

UKM dan IKM tidak memiliki perbedaan yang sangat jauh di bidang usaha yang dijalankanya namun ada perbedaan dari beberapa aspek tertentu. Seperti : UKM dan IKM memiliki aset dan penghasilan yang berbeda beda. Hal tersebut ada di undang undang no.3 tahun 2014 Permenperin 64/M-IND/PER/7/2016.

  • Usaha Kecil

Dimana segi asetnya memiliki sebesar Rp 50 Juta s/d 500 Juta. Dari segi penghasilan usaha kecil ini memiliki kurang lebih penghasilan sekitar Rp 300 Juta s/d 2 M. Sangat besar bukan jika dinilai dari sisi materi ? Namun penghasilan tersebut akan keluar ketika orang yang menjalankan usaha tersebut sudah mengikuti aturan dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

  • Usaha Menengah

Untuk usaha menengah ini aset dan penghasilan yang didapatkan lebih jauh dari usaha kecil. Yaitu senilai Rp 500 Juta s/d 10 M. Nilai tersebut semakin tinggi sesuai usaha yang kalian jalankan.