Kumpulan Jenis UKM Dan Apa Saja Kekurangan Dari UKM 

Kumpulan Jenis UKM

cruzreader.com – Kumpulan jenis UKM merupakan sebuah usaha saat ini yang telah dijalankan oleh semua orang dengan berbagai macam produk yang telah di kembangkan. Yang mana produk tersebut memiliki beraneka ragam jenis. Dari makanan, minuman, kerajinan tangan dan masih banyak lainya. Karena UKM ini mendukung semua produksi yang diolah oleh masyarakat, dengan itu masyarakat bisa membuat ide dan inspirasi sendiri dengan usaha yang dibuatnya nanti. 

Nah disini kami akan menjelaskan mengenai UKM jika dilihat dari UUD No 20 Tahun 2008. Yang mana usaha ini dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu diantaranya :

  • Usaha Mikro 

Usaha mikro merupakan salah satu usaha yang dimiliki oleh perorangan atau bisa disebut juga usaha milik perorangan dimana usaha tersebut dijalankan oleh satu orang saja tanpa kelompok maupun grup. Dan untuk seseorang yang ingin mengambil usaha mikro ini harus memiliki kriteria seperti : mempunyai kekayaan bersih senilai 50.000.000 s/d Rp 300.000.000 .

Jika kalian tidak memiliki kekayaan bersih dengan peraturan yang sudah ditetapkan, kalian tidak bisa membuka usaha mikro.

  • Usaha Kecil

Usaha kecil merupakan sebuah usaha yang didirikan sendiri atau dimiliki oleh perorangan dengan kategori sudah mempunyai usaha kecil yang telah di bangunya. Dan yang harus kalian ketahui usaha kecil ini termasuk bukan kategori anak perusahaan ataupun cabang perusahaan.

Dan untuk seseorang yang ingin membuka usaha kecil harus mempunyai kekayaan bersih senilai Rp 50.000.000 s/d Rp 5000.000.000 dengan mempunyai kekayaan bersih tersebut hasil yang akan diterima di usaha kecil ini senilai Rp 300.000.000 s/d 2.500.000.000 per tahunya.

  • Usaha Menengah

Usaha menengan ini termasuk usaha ekonomi yang produktif dimanna usaha tersebut di bangun sendiri dan dimiliki oleh perorangan dengan seseorang yang sudah memiliki badan usaha namun tidak berbentuk cabang besar ataupun kecil. Dan jika seseorang ingin membuka usaha menengah ini, kekayaan bersih yang harus kalian punya senilai Rp 500.000.00 s/d Rp 10.000.000.00

Dan angka yang diatas tidak termasuk bangunan usaha dan tanah, namun diperkirakan hasil jumlah yang akan didapatkan dari usaha menengah ini senilai Rp 50.000.000.00 per tahunya. 

Kelebihan Dan Kekurangan UKM Atau UMKM Yang Tidak Banyak Diketahui Oleh Masyarakat 

Usaha yang di pimpin oleh pemerintah juga mempunyai kekurangan dan kelebihan loh. Mungkin sebagian masyarakat tidak mengetahui hal ini dengan itu kami akan memberikan kalian informasi lebih mengenai kekurangan dan kelebihan UKM atau UMKM. Seperti apa saja ? 

  1. Kelebihan UMKM atau UMK
  • Fokus Pada Satu Bidang 

Kelebihan yang dipunyai oleh usaha UMKM ini ialah lebih fokus di titik yang sudah ditekuninya yang mana hal tersebut mereka sudah fokus dengan bidang yang telah mereka bangun dari tidak ada apa apa menjadi ada apa apa. Karena ketika kalian sudah menekuni usaha dan produk yang memang menurut kalian tepat sasaran, tetaplah membangun produk tersebut menjadi produk besar. 

  • Cepat Berinovasi

Dan kelebihan lainya yaitu kalian akan mendapatkan sebuah kesempatan idea menarik, unik dan terbaru dari idea idea sebelumnya. Dan kalian mungkin sudah mengetahui ketika kalian ingin menjalankan sebuah usaha mikro ini ialah sistem operasionalnya tidak ribet dan tidak mempersulit.

  • Mudah Dimulai

Usaha mikro ini mudah di mulai dan mudah di bangun untuk siapa saja namun ada beberapa peraturan dan ketetapan yang memang harus kalian jalankan untuk bisa memulai sebuah usaha ini, karena usaha yang di pimpin oleh pemerintah ini kalian harus bisa mengikuti semua peraturan yang sudah dibuat. 

  1. Kekurangan UKM Atau UMKM

Selain memiliki kelebihan usaha ini juga pastinya memiliki kekurangan. Namnya berusaha pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, ataupun rugi dan untung. Nah seperti apa saja kekurangan tersebut, diantaranya seperti :

  • Anggaran Operasional Terbatas
  • Tenaga Ahli Minim
  • Kapasitas Produksi Sedikit